10 Mei 2014

Join trip to Tidung Island

Join trip adalah suatu kegiatan perjalanan yg dilakukan bersama-sama orang baru dengan tujuan untuk menambah teman dan memangkas biaya operasional. Perjalanan dengan cara join trip lebih hemat ketimbang jalan sendiri-sendiri.

Kemaren tanggal 3 Mei 2014 kami pergi jalan-jalan ke pulau tidung, kepulauan seribu. Kami berjumlah 5 orang. Aku, istriku, dua orang saudara (Rido dan Vikri) dan seorang teman yg sudah kuanggap saudara juga. Sebelum berangkat, mereka semua menginap di rumah kontrakan kecil kami di kebon jeruk, jakarta barat.
Pose di atas batu karang

Malam harinya kami hanya sedikit tidur karena harus menyelesaikan beberapa pertandingan PES (Pro Evolution Soccer - game bola). Sedangkan istriku dan sepupunya - Vikri sudah tidur duluan. Tetapi pada pagi harinya tetap saja aku yg bangun duluan. (dasar tukang tidur).

Kami berangkat dari kebon jeruk dengan taxi express yg sudah dipesan malam tadinya. Perjalanan dari kebon jeruk menuju muara angke pagi itu sangat lancar (asik kalau jakarta tanpa macet) dan kami tiba di sana pukul 06.00 wib.

Di muara angke kami sudah ditunggu oleh dua orang tour guide kami, Sahrul dan Mahadi dari Ngacir Fun Travel (nama agen travel yg aneh). Kami berkumpul di depan atm di dekat sebuah pom bensin di muara angke. Ada total 16 orang peserta yg ikut join trip bersama kami. Kamipun berkenalan. Ada Hima, Dani, Deden, Alfian dll. Setelah semua peserta berkumpul, kami segera naik ke kapal menuju pulau tidung.
Kapal menuju Pulau Tidung
Alhamdulillah di kapal cukup nyaman walaupun sedikit sesak penumpang. Perjalanan ke pulau tidung memakan waktu sekitar 2 jam, kebetulan kapal yg kami tumpangi memang berjalan lambat karena over capacity. Sempat tertahan sesaat oleh polisi air setelah angkat jangkar dari muara angke.

Setibanya di pulau tidung, kami dibawa menuju home stay kami yg berada di tepi laut. Home stay sederhana dg 2 kamar tidur dan ruangan tengah yg luas serta teras depan. Dilengkapi AC (yg kurang dingin) dan 2 buah kamar mandi. Jam sudah menunjukkan pukul 11.00 wib, makan siang pun sudah datang. Setelah makan dan sholat, kami berangkat snorkeling.

Peserta Join Trip Pulau Tidung
Perjalanan menuju spot snorkeling sekitar 20 menit, tetapi tak jadi masalah karena mata kami dimanjakan oleh pemandangan laut yg bersih, bebas dari sampah (tidak seperti laut muara angke). Udara yg bersih dengan sinar matahari yang cukup terik di siang itu menambah asik suasana.
Menuju Spot Snorkeling

Pemandangan bawah laut di sekitar pulau
Setelah puas snorkeling dan mendapatkan sedikit baret-baret kecil di kaki akibat karang, kapal kami bertolak ke pulau tidung kecil (yang ada jembatan cinta nya). Di sana ternyata sangat ramai. Ada aneka permainan air, mulai dari banana boat, donut boat, sampai rambutan boat (kok nama-nama makanan). Tetapi aku lebih tertarik untuk lompat dari jembatan cinta.
Lompat dari Jembatan Cinta Pulau Tidung
Sorepun mulai datang, sunset yg ditunggu-tunggu tidak kelihatan karena tertutup oleh awan kelabu. Malam harinya, setelah makan malam, akupun tertidur pulas karena kecapean. Ical bersusah payah membangunkan aku untuk mengajak aku makan cumi bakar hasil pesta barbeque. Setelah makan beberapa tusuk sate cumi, kami kembali ke home stay.

Tetapi mata yg sudah terlanjur bangun tidak jadi mengantuk lagi. "Oya Cal, ngapain pergi liburan kalau cuma pengen tidur, di rumah juga bisa tidur." Aku mengajak Ical pergi ke disco party yg berada di ujung pulau. Dengan setengah terpaksa akhirnya dia mau. Kami menunggangi sepeda masing-masing yg memang disiapkan untuk kami.

Dan setibanya di disco party, justru Ical yg lebih bersemangat disco sedangkan aku hanya menonton. Sebelum Ical jadi gila, aku segera mengajaknya pulang.

Pagi harinya kami main air soft gun 3 on 3 melawan bapak-bapak yg aku curigai purnawirawan TNI. Alhamdulillah kami kalah 4 - 1 dengan beberapa head shot dan tertangkap basah kehabisan peluru. Harga diri kami seketika itu jatuh karena secara umur kami lebih muda dan lebih gesit, tetapi secara pengalaman mungkin kami kalah. Kami terima kekalahan ini dengan lapang dada walaupun tak terima. hehe